Penyiapan Berkas Sertifikasi Guru 2013

Diposting oleh Admin on Selasa, 08 Januari 2013

Pencetakan Format A0 dan Penyiapan Dokumen/Berkas Sertifikasi Guru

Guru yang telah ditetapkan sebagai peserta sertifikasi guru tahun
2013 mencetak Format A0 dari AP2SG. Format A0 berisi data calon peserta sertifikasi guru hasil perbaikan data  yang dilakukan oleh operator dinas pendidikan kabupaten/ kota. Peserta sertifikasi guru tahun 2013 melakukan verifikasi dan koreksi kembali terhadap data yang tercetak tersebut.

Pada tahapan ini guru wajib menetapkan pola sertifikasi guru. Penetapan pola tersebut mempertimbangkan: 1) kesiapan diri dari aspek profesional, 2) kesiapan dan kelengkapan dokumen untuk mengikuti sertifikasi guru sesuai dengan persyaratan sebagaimana dijelaskan pada BAB III. Adapun 3 (tiga) pola sertifikasi guru yaitu:

a.  penerbitan sertifikat pendidik secara langsung (PSPL)
b.  portofolio (PF)
c.   pendidikan dan pelatihan profesi guru (PLPG)

Format A0 yang telah diverifikasi, dikoreksi, dan diisi pola sertifikasi guru dikumpulkan ke dinas pendidikan kabupaten/kota  bersama- sama dengan pengumpulan dokumen/berkas sertifikasi guru. Jenis dokumen/berkas yang dikumpulkan sesuai pola sertifikasi guru yang dipilih (pola PSPL/ Portofolio/PLPG), sebagai berikut.
Pola PSPL

Untuk guru yang memenuhi persyaratan memiliki kualifikasi akademik S-2/S-3 dan sekurang-kurangnya golongan IV/b, mengumpulkan dokumen sebagai berikut.

1)  Format A1 yang telah ditandatangani oleh LPMP.

2)  Fotokopi ijazah S-1/D-IV, fotokopi ijazah dan transkrip nilai S-2 dan/atau S-3 yang telah dilegalisasi (kecuali Ijazah S-3 by research). Ijazah  dari  perguruan tinggi negeri dilegalisasi  oleh perguruan tinggi    yang mengeluarkan, untuk ijazah dari perguruan tinggi swasta dilegalisasi oleh kopertis wilayah perguruan  tinggi  yang  mengeluarkan  ijazah,  dan  untuk  ijazah dari luar negeri dilampiri fotokopi surat keterangan akreditasi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

3)  Fotokopi tugas belajar/izin belajar atau surat keterangan tugas belajar  dari  pejabat  berwenang  yang  telah  dilegalisasi  oleh atasan langsung.

4)  Fotokopi SK pangkat/golongan terakhir (minimal IV/b) yang telah dilegalisasi oleh atasan langsung.

5)  Fotokopi SK mengajar (SK pembagian tugas mengajar) terakhir yang telah dilegalisasi oleh atasan langsung.

6)  Fotokopi SK pengangkatan sebagai guru sejak pertama menjadi guru  sampai dengan  SK  terakhir yang dilegalisasi oleh  atasan langsung.

7)  Surat rekomendasi dari dinas pendidikan kabupaten/kota atau dinas pendidikan provinsi untuk guru PLB.

8) Pasfoto terbaru berwarna (enam bulan terakhir dan bukan polaroid) ukuran 3x4 cm sebanyak 4 lembar, di bagian belakang setiap pasfoto ditulis identitas peserta (nama, nomor peserta, dan satminkal).
Untuk   Guru   yang   memenuhi   persyaratan   memiliki   golongan serendah-rendahnya IV/c, mengumpulkan dokumen sebagai berikut

1)  Format A1 yang telah ditandatangani oleh LPMP.

2)  Fotokopi  ijazah   pendidikan   terakhir   yang  telah   dilegalisasi.
Fotokopi ijazah dari perguruan tinggi dilegalisasi oleh perguruan tinggi  yang mengeluarkan, fotokopi ijazah dari perguruan tinggi swasta yang sudah tidak  beroperasi dilegalisasi oleh kopertis, dan fotokopi ijazah dari luar negeri dilampiri fotokopi surat keterangan akreditasi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Ijazah SLTA dilegalisasi oleh sekolah yang mengeluarkan ijazah.

3)  Fotokopi SK pangkat/golongan IV/c yang telah dilegalisasi oleh atasan langsung.

4)  Fotokopi SK mengajar (SK pembagian tugas mengajar) terakhir yang telah dilegalisasi oleh atasan langsung.

5)  Fotokopi SK pengangkatan sebagai guru sejak pertama menjadi guru  sampai dengan  SK  terakhir yang dilegalisasi oleh  atasan langsung.

6)  Surat rekomendasi dari dinas pendidikan kabupaten/kota atau dinas provinsi khusus untuk guru PLB.

7) Pasfoto terbaru berwarna (enam bulan terakhir dan bukan polaroid) ukuran 3x4 cm sebanyak 4 lembar, di bagian belakang setiap pasfoto ditulis identitas peserta (nama, nomor peserta, dan satminkal).

Pola PF

Peserta pola PF menyusun dan mengumpulkan portofolio sebanyak
dua rangkap sesuai urutan sebagai berikut.

1)  Halaman sampul disisipkan Format A1

2)  Daftar isi

3)  Instrumen portofolio, yang meliputi: (a) identitas peserta dan pengesahan, dan (b) komponen portofolio yang telah diisi.
4)  Bukti fisik atau portofolio meliputi komponen sebagai berikut.

a)  Kualifikasi Akademik
b)  Pendidikan dan Pelatihan c)  Pengalaman Mengajar
d)  Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran e)  Penilaian dari Atasan dan Pengawas
f)  Prestasi Akademik
g)  Karya Pengembangan Profesi
h)  Keikutsertaan dalam Forum Ilmiah
i)  Pengalaman    Menjadi    Pengurus    Organisasi    di    Bidang
    Kependidikan dan Sosial
j)  Penghargaan yang Relevan dengan Bidang Pendidikan

5)  Dilengkapi dengan pasfoto terbaru berwarna (enam   bulan terakhir dan bukan polaroid) ukuran 3x4 cm sebanyak 4 lembar, di bagian belakang setiap pasfoto ditulis identitas peserta (nama, nomor peserta, dan satminkal).

Penjelasan lengkap tentang portofolio dapat dilihat pada Buku 3.

Pola PLPG

Peserta yang memilih pola PLPG harus menyerahkan berkas sebagai berikut.

1)  Format A1 yang telah ditandatangani oleh LPMP.

2)  Fotokopi   Ijazah S-1 atau D-IV, serta    Ijazah S-2 dan atau   S-3 (bagi yang memiliki) dan disahkan oleh perguruan tinggi yang mengeluarkan.

3)  Fotokopi  SK  pangkat/golongan  terakhir  yang  telah  dilegalisasi oleh atasan langsung (bagi PNS).

4)  Fotokopi SK mengajar (SK pembagian tugas mengajar) terakhir yang telah dilegalisasi oleh atasan langsung.
5)  Fotokopi SK pengangkatan sebagai guru sejak pertama menjadi guru  sampai dengan  SK  terakhir yang dilegalisasi oleh  atasan langsung.

6) Pasfoto terbaru berwarna (enam bulan terakhir dan bukan polaroid) ukuran 3x4 cm sebanyak 4 lembar, di bagian belakang setiap pasfoto ditulis identitas peserta (nama, nomor peserta, dan satminkal).

Dokumen/berkas yang dikumpulkan harus dilengkapi dengan format kelengkapan dokumen/berkas sebagaimana Lampiran 5 yang telah diisi. Format verifikasi kelengkapan data ini kemudian diteruskan ke dinas pendidikan kabupaten/kota dan LPMP untuk diisikan pada kolom yang bersangkutan.

Dokumen/berkas diurutkan sesuai urutan pada format kelengkapan. Setiap pergantian jenis dokumen/berkas diberi pembatas kertas berwarna. Pengumpulan berkas dimulai setelah pengumuman penetapan  peserta  sertifikasi  guru  tahun  2013,  paling  lambat tanggal 15 Maret 2013.

Sumber: Buku 1 Pedoman Penetapan Peserta Sertifikasi Guru 2013
Anda sedang membaca artikel tentang Penyiapan Berkas Sertifikasi Guru 2013, Terima kasih telah berkunjung ke http://benipurnama.blogspot.com, semoga blog ini bermanfaat bagi anda, terima kasih.


Artikel Terkait SERGUR

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar