KETERANGAN MENGENAI STATUS PENGIRIMAN DI SISTEM MANAJEMEN PENDATAAN PENDIDIKAN

Diposkan oleh Admin on Minggu, 31 Maret 2013


Sudah lama tidak bermain dengan “upload and download” database pendas karena bercengkrama dengan pengisian nilai raport, maka pada pertengahan bulan maret tahun ini saya kirim database pendataan pendas (kalau istilah kulon-nya “upload” pendas) ke server pusat. Seperti biasa setelah data ter-uploded, saya langsung call operator kecamatan (kebetulan operator kecamatannya diberi kepercayaan oleh op kabupaten untuk melakukan “approval” terhadap data sehingga mempermudah proses verifikasi data) hal ini wajib dilakukan oleh operator sekolah agar data tidak kakalayangan (istilah sundana) dan tidak salah masuk (katanya pernah ada yang seperti itu). setelah itu saya coba cek data melalui website Sistem Manajemen Pendataan Pendidikan (http://pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id), dan data sudah diapproval karena sudah tertulis terverifikasi, dan setelah beberapa hari kemudian saya cek status data masih cek konversi. Karena status cek konversinya lama dan membuat khawatir, maka saya cari sana sini  dan  akhirnya menemukan jawaban tentang status dan keterangannya dari op kabupaten.

Berikut ini jenis-jenis status di Sistem Manajemen Pendataan Pendidikan

1. Belum terkirim : sudah jelas.
2. Diterima via web : ini hanya bisa dilakukan oleh dinas kabkota. Jadi file sekolah diunggahkan/ diuploadkan oleh dinas kabkota melalui manajemen pendataan.
3. Diterima via aplikasi : Tahapan pertama, yang mengirimkan langsung dari sekolah yang bersangkutan dan data yang di upload/unggah sudah berhasil di simpan di server. Namun data-datanya belum dimasukan ke database oleh server. Jadi belum bisa melihat data yg bapak inputkan.
4. Cek Konversi : Tahapan kedua (setelah data terkirim ke server maka, semua data akan melalui proses ini) data sudah di cek oleh server apakah data ini menggunakan database versi lama atau database versi baru. Nanti server yang akan memilah-milahnya.
5. Berhasil di proses : Tahapan ketiga, data yang telah diinput SEMUANYA sudah berhasil diproses. (Dipastikan ini datanya sangat bagus).
6. Berhasil di proses dgn Pengecualian : data yang telah di input TIDAK SEMUANYA berhasil di proses oleh server. Ini kemungkinan akibat : masih menggunakan aplikasi lama, terkena validasi dari segi server, dll. Namun jika jumlah peserta didik, ptk, rombel, sarpras, dll sudah sama TIDAK masalah.
7. Sekolah terkena cleansing : data sekolah yang telah dikirim masuk ke dalam data sekolah yang terkena cleansing. Mohon langsung menghubungi tim teknis atau CS kami. Jika dibiarkan kemungkinan data tidak diterima karena akan dihapus oleh server.
8. Sqlite error : ini biasanya saat upload, data tidak terkirim dengan sempurna. Atau biasanya disebut data corrupted.. Jadi langsung saja kirim ulang data lagi.
9. Update terbaru!!!
Status Pending : ini terjadi jika ada perubahan nama sekolah (jika di file database yang dikirim ada perbedaan nama sekolah dengan data yang sudah masuk sebelumnya di server) maka server akan membaca dan mengecek terlebih dahulu. Jika memang datanya benar maka akan diloloskan dan status akan berubah menjadi Berhasil diproses.

Apabila kita sudah mengetahui tentang status pengiriman data kita, hal tersebut akan lebih mempermudah tentang apa yang harus dilakukan apabila data masih belum terverifikasi dan berhasil diproses. 



Anda sedang membaca artikel tentang KETERANGAN MENGENAI STATUS PENGIRIMAN DI SISTEM MANAJEMEN PENDATAAN PENDIDIKAN, Terima kasih telah berkunjung ke http://benipurnama.blogspot.com, semoga blog ini bermanfaat bagi anda, terima kasih.


Artikel Terkait Tutorial

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar